Inggris Tolak Tanding Lawan Rusia Di Masa Depan

By ommed


nusakini.com - Induk sepakbola Inggris (FA) mengumumkan bahwa pihaknya ogah menghadapi Rusia di masa depan dan mengutuk “kekejaman” yang mereka lakukan di Ukraina.

Konflik di Eropa Timur itu turut merembet ke sepakbola, dengan beberapa liga dan asosiasi menyatakan sikapnya terhadap invasi Rusia ke negara tetangganya tersebut.

Polandia sebelumnya menegaskan bahwa mereka tidak akan bermain melawan Rusia di babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022, Maret mendatang, dan Inggris pada Minggu (27/2) juga menolak untuk bermain melawan Rusia dalam kelompok umur apa pun dan di kompetisi apa pun.

"Atas solidaritas terhadap Ukraina dan dengan sepenuh hati mengutuk kekejaman yang dilakukan oleh pemimpin Rusia, FA dapat mengonfirmasi bahwa kami tidak akan bermain melawan Rusia dalam pertandingan internasional apa pun di masa mendatang," kata FA dalam sebuah pernyataan.

"Ini termasuk setiap pertandingan potensial di semua kelompok usia dan di kategori disabilitas."

FIFA selaku induk sepakbola dunia mengonfirmasi bahwa Rusia perlu memainkan pertandingannya di tempat netral tanpa lagu kebangsaan, atau bendera mereka, dan tidak lupa mengutuk tindakan militer negara itu.


"Tidak ada bendera atau lagu kebangsaan Rusia yang akan diputar dalam pertandingan yang diikuti oleh tim dari Persatuan Sepakbola Rusia," bunyi pernyataan tersebut.

"FIFA turut mengutuk kekerasan yang digunakan oleh Rusia dalam invasinya ke Ukraina dan itu tidak pernah menjadi solusi. Di sini FIFA ingin menyampaikan solidaritas terdalamnya kepada semua orang yang terkena dampak dari apa yang terjadi di Ukraina."

FIFA juga menyatakan bahwa organisasi tersebut akan "terus berdialog" dengan pihak lainnya "untuk menentukan tindakan atau sanksi tambahan, termasuk mencoret Rusia dari kompetisi". (gi/om)